Lembaga donor International Monetary Fund (IMF) memilih untuk meninggalkan ruang diskusi dengan Yunani pada pertemuan Eurogroup di Luxembourg, dan berdampak pada di tunda nya agenda pembahasan penyelesaian hutang yunani.

Para petinggi Eurogrop mengatakan, pihaknya akan menunda pertemuan hingga Senin pekan depan. “Tak ada kesepakatan di pertemuan Eurogroup. Ini merupakan pertanda kuat bagi Yunani untuk lebih serius pada seluruh negosiasi yang ada. Eurogroup siap melakukan pembahasan ulang kapan saja” menurut Wakil Presiden Komisi Eropa Valdis Dombrovskis melalui akun Twitter pribadinya.

Para menteri keuangan zona euro menggelar pertemuan di Luxembourg guna membahas peluang terakhir bagi Yunani untuk mendapatkan suntikan dana untuk kesepakatan reformasinya.  Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis tengah berusaha menghadirkan proposal baru pada pertemuan dengan menteri keuangan zona Eropa. Proposal itu dikatakan berdasar pada konsolidasi fiskal yang dibutuhkan.

Yunani tercatat berutang 1,6 miliar euro pada IMF dan harus dilunasi akhir Juni 2015. namun Yunani tak sanggup untuk  mencapai kesepakatan untuk mengambil langkah-langkah penghematan dan reformasi dana pensiun yang dapat memuaskan para kreditor.

kreditor sebenarnya telah memperpanjang batas utang Yunani, pasar keuangan merespons positif kabar tersebut. namun para diplomat menepis harapan positif itu. Para kreditor juga berencana memperpanjang program bantuan hingga akhir tahun ini, tapi langkah itu dilakukan tanpa partisipasi dari IMF dan menuai penolakan. “Ini bukan laporan nyata, proposal seperti itu tentu saja tak ada,” kata salah seorang diplomat yang enggan menyebutkan namanya.

Source : CNBC editor : Indriana M