Bercahaya dan mengundang banyak orang untuk berkunjung. Itulah yang bisa anda  lihat  sepanjang jalan jakarta Kota Malang, yaitu Taman Kunang-kunang yang diresmikan pada 01 April 2015.

Memanjang di antara Jalan Jakarta dan Simpang Ijen (Bakorwil), Taman Kunang-kunang dilengkapi lima selasar (plaza) sebagai tambahan daya tarik bagi pengunjung. Di siang hari anda bisa menikmati suasana sejuk dengan bersantai di tiga selasar yang telah dilengkapi tempat duduk, yakni di depan Bakorwil, depan Kampus Wearnes dan depan gerbang kampus Universitas Negeri Malang di Jalan Semarang.

Taman Kunang-kunang sejatinya merupakan wujud baru taman kota di lokasi Ijen, Dibangun atas prakarsa PT. Bentoel Group melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility) tahun 2015, taman ini diremiskan  oleh Wali Kota Malang, Moch Anton pada (01/04/2015) . Bertepatan dengan ulang tahun Kota Malang ke-101.

hutan kota ini akan nampak ketika menjelang malam. Total ada 96 lampu LED beraneka bentuk yang ditata sedemikian rupa plus kerlip cahaya yang bergantian. Lokasi parkir disediakan di samping plaza kedua hingga keempat, termasuk tempat sampah. Plaza pertama yang berada di ujung Jl. Jakarta dilengkapi 18 lampu tiang berbentuk persegi panjang, minimalis namun elegan.

Plaza kedua dilengkapi lampu putih dengan tiang berbentuk L terbalik. Meski ukurannya kecil, namun kualitas peneranganya cukup bagus. Apalagi di bawahnya tertata beberapa tempat duduk dengan desain unik. Dari sini anda bisa mengakses selasar lain melalui jalan setapak yang di tengah taman. Tentunya berhias lampu-lampu cantik di atasnya.

Plaza ketiga memiliki dua gazebo yang dikelilingi lampu berbentuk bulat. Lokasinya cukup strategis berada di depan kampus Wearnes dan pertigaan ke arah Jl. Bogor. Plaza ketiga adalah salatu-satunya yang memiliki atap.

Di ujung Simpang Ijen (perempatan Jl. Surabaya, Jl. Pahlawan Trip & Jl. Gede) berdiri plaza kelima yang berisi 27 lampu putih berbentuk bulat. Tak hanya menarik sebagai area bersantai, anda juga bisa mengenal aneka jenis pohon dan tanaman lain yang sudah dipasang tanda oleh pengelola.

Taman Kunang-kunang dibangun dengan biaya kurang lebih Rp.2 Miliar. Untuk menjaga keamanan pengunjung dan lampu taman, pihak Pemkot telah menyiapkan petugas selama 24 jam.

 

 editor : Indriana M