wisata tersembunyi di bali
Sambangan Secret Garden @ Instagram / tukris_

BALITODAY.NET – Sudah bukan rahasia umum lagi jika Pulau Bali merupakan destinasi wisata favorit bagi para turis. Butuh waktu lama untuk menyusuri tiap-tiap sudut di Pulau Bali untuk dapat merasakan semua keindahannya. Kuta dan Seminyak menjadi dua kota yang paling banyak dikunjungi.

Namun taukah kamu? Banyak juga wisata tersembunyi di Bali yang gak kalah keren. Mulai dari pantai hingga ait terjun dalam gua, berikut deretan wisata tersembunyi di Bali yang perlu kamu kunjungi, simak ya!

Baca Juga: Kamu Merasa Dirimu Pemalas? Ini 5 Pekerjaan yang Hanya Bermodal Smartphone

1. Pantai Suluban

wisata tersembunyi di bali
Pantai Suluban @ Instagram / guillaumengn

Pantai Sanur atau Pantai Nusa Dua merupakan dua nama favorit pantai dengan nuansa pasir putih. Jika merasa kedua pantai tersebut terlalu mainstream buat kamu atau ingin mencari sensasi lain, kamu bisa pergi ke Pantai Suluban

Pantai Suluban atau dikenal juga dengan Blue Point karena letaknya yang berada di bawah hotel dengan nama yang sama. Pantai ini bisa dibilang kurang cocok jika ingin mengajak anak-anak untuk bermain di sana.

Pasalnya, pantai yang terletak di Uluwatu tersebut memiliki banyak tebing yang terjal dan ombak yang cukup besar. Hal ini membuatnya lebih cocok untuk dikunjungi oleh para pencinta olahraga surfing.

Untuk mencapai bibir pantai Suluban Uluwatu, kamu harus berjalan sekitar 200 meter dari area parkir kendaraan dengan menuruni anak tangga yang diapit oleh dua tebing karang yang cukup tinggi.

Yang seru lainnya dari pantai ini ialah pada suatu titik dimana tangga akan semakin sempit di antara apitan tebing karang putih. Tapi jangan khawatir, begitu pantai terlihat keindahan paduan warna biru tua dan hijau muda yang sangat indah.

2. Sambangan Secret Garden

wisata tersembunyi di bali
Sambangan Secret Garden @ Instagram / tukris_

Wisata tersembunyi di Bali lainnya yaitu Sambangan Secret Garden yang merupakan wisata air dengan menawarkan kesejukan. Hal tersebut lantaran di lokasi ini terdapat 7 air terjun yang masing-masingnya memiliki pesonanya tersendiri. Salah satunya adalah sliding atau meluncur di Air Terjun Kroya.

Ada guide lokal yang akan mendampingi dan memberi petunjuk. Bahkan beberapa agen menyediakan sertifikat lho. Selain memilik air terjun alami yang berasal dari hutan, suasananya sendiri juga cukup sepi, asri, dan alami dimana banyak ditumbuhi aneka pohon dan taman hutan.

Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu 3 jam berkendara dari Bandara Ngurah Rai. Tenang Zens, ada banyak travel agen yang menyediakan jasa untuk mengantarmu bertualang di daerah ini. Setelah sampai kamu masih perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari tempat parkir.

Memang memakan waktu lama, namun siap-siap dibuat takjub karena keindahan di setiap pemberhentian.

3. Gunung Batur

wisata tersembunyi di Bali
Gunung Batur @ Instagram / julesalexander1st

Jika ingin merasakan suasana lain selain wisata air, kamu bisa coba pergi ke Kintamani. Mungkin kamu berpikir bahwa di Kintanami cuma ada pada Danau Batur. Faktanya terdapat pesona alam yang tidak kalah indah dengan danau batur yaitu Gunung Batur.

Baca Juga: 5 Tips Cantik Bagi Kaum Hawa Agar Hasil Foto KTP atau SIM Tidak ‘Fail’

Kalau kamu ingin menikmati pemandangan alam Pulau Dewata dari atas, cobalah mendaki wisata tersembunyi di Bali ini. Walaupun terkesan capek tapi saat berada dipuncak gunung, rasa lelah kamu akan terbayarkan dengan pesona indah alam Gunung Batur yang hijau asri.

4. Air Terjun Tukad Cepung

wisata tersembunyi di bali
Air Terjun Tukad Cepung @ Instagram / exploredolan.id

Wisata tersembunyi di Bali yang satu ini benar-benar tersembunyi karena terletak di dalam gua. perjalanan menuju air terjun ini tidak bisa dibilang mudah. Sesampai ditempat parkir, kamu harus mendaki dulu ke lokasi wisata yang terletak di Kintamani ini.

Selanjutnya, tembuslah hutan tropis dengan menuruni puluhan anak tangga yang cukup curam dan licin. Berikutnya, jalanan berbatu serta sungai menyambut dan menemani perjalananmu sampai ke gua.

Setiba di gua, jerih payahmu tidak serta merta berakhir lho. Dengan medan yang serupa dengan perjalanan menuju gua, kamu harus memasukinya sampai ke area air terjun.

Tapi tenang Zens, pemandangan yang akan kamu temukan di dalam gua benar-benar sepadan dengan lelah dan perjuangan yang kamu rasakam. Pemandangan air terjunnya bikin kamu kembali segar dan gak mau pulang.

5. Hidden Canyon Gianyar

wisata tersembunyi di bali
Hidden Canyon Gianyar @ Instagram / nonahikaru

Nama objek wistata tersembunyi di Bali yang terakhir adalah Hidden Canyon Gianyar. Destinasi apik yang satu ini masih belum banyak orang tau. Namun ketika kalian sampai di sana, mata kalian akan dimanjakan oleh keindahan tebing yang tersembunyi dan alam yang masih asri.

Baca Juga: Banyak Oknum Salahi Aturan Taman, Disperkim Perlu Menindak Tegas

Jalan menuju ke tempat ini memang agak sedikit curam. Kamu harus trekking melalui medan yang cukup licin. Demi keamanan, pastikan kalian berjalan melalui rute yang disarankan oleh guide. Setiba di Hidden Canyon, berbagai aktivitas air pun siap dilakukan, seperti berenang, menyelam, dan berakit.

So, sudah taukan Zens kalau wisata tersembunyi di Bali gak kalah keren dengan yang hits lainnya?


Penulis : Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa