MALANGTODAY.NET – Wilayah Resort PTN Tengger Laut Pasir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) seluas 65-70 hektar dilanda kebakaran pada awal bulan September 2018.

Lokasi kebakaran memang bukan merupakan jalur lalu lalang wisatawan, namun sisa-sisa kebakaran dapat dilihat jelas oleh wisatawan yang berkunjung melalui Kabupaten Malang.

Baca Juga: 67 Mobil Mewah Melintas di Jalanan Kota Malang, Netizen Mengeluh

Kini savana dan tebing yang biasa dijadikan background foto para wisatawan tersebut terlihat berwarna hitam. Namun keadaan tersebut tidak berpengaruh terhadap minat wisatawan nusantara (wisnus) maupun mancanegara (wisman) untuk mengunjungi Gunung Bromo.

“Bukit yang seharusnya berwarna hijau atau coklat berubah jadi hitam, yang disebabkan oleh kebakaran jadi membuat bromo kurang menarik. Tapi secara keseluruhan tetap bagus sih,” ujar wisatawan asal Jakarta,  Rofifah Nur Aini kepada MalangTODAY.net beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Sheila On 7 dan Para Hantu di Konser Musik

Masih Banyak Spot Foto Lainnya

Saat melihat sisa-sisa kebakaran yang sangat luas itu, Rofifah juga menyatakan sangat menyayangkan terhadap peristiwa kebakaran yang sempat melanda kawasan Gunung Bromo.

“Mungkin karena saya sudah pernah sebelumnya ke savana ini,  jadi membandingkan sama yang sebelumnya, waktu bukitnya berwarna hijau,” ujarnya.

Baca Juga: Sering Dijumpai dalam Rumah, 5 Benda Ini Ternyata Bawa Sial

“Tapi ini tidak mengurungkan niat kami untuk berangkat dini hari tadi ke Bromo,  karena disini juga banyak spot yang bisa kami kunjungi,” tambahnya.

Wanita yang mengantarkan enam orang temannya yang belum pernah berkunjung ke Gunung Bromo itu, juga menyatakan bahwa secara keseluruhan pemandangan di Gunung Bromo masih tetap bagus.

Baca Juga: Saking Kayanya, Kelakuan Orang Kaya Ini Sama Sekali Nggak Aturan!

Masih terdapat banyak spot foto yang lain dan tidak kalah bagus bagi rombongannya yang belum pernah berkunjung ke Gunung Bromo.

“Untuk masyarakat dan pengunjung, semoga lebih peduli dengan lingkungan wisatanya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, apalagi yang bisa menyebabkan kebakaran seperti puntung rokok,” pungkasnya.


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Swara Mardika