Pura Besakih Bali @ Bali-indonesia.com

BALITODAY.NET – Tanggal muda akhirnya datang, selain bayar cicilan tentunya kamu juga harus menyisihkan budget untuk menikmati liburan nanti. Mau nggak mau liburan menjadi agenda penting terutama bagi kamu yang sudah jenuh dengan kegiatan harian. Tanpa perlu berfikir panjang, Pulau Bali bisa menjadi destinasi yang pas.

Kalau masih anggap ke Bali itu mahal, sebaiknya buang jauh-jauh deh pikiran tersebut. Cukup dengan Rp 1,5 juta saja kamu bahkan bisa stay satu minggu di Pulau Dewata. Penasaran? BALITODAY telah merangkumnya khusus buat kamu.

  1. Beli tiket penerbangan saat low season.
Pesawat murah menuju Bali @choice.com

Memang betul jika kamu ingin dapat tiket murah adalah dengan membelinya jauh-jauh hari. Lebih efektifnya lagi kamu juga harus rajin-rajin cek harga tiket pesawat.

Dengan memesan tiket pesawat pada saat low season pasti bisa lebih murah. Terutama, belilah untuk penerbangan selain akhir pekan (weekdays).

Baca Juga: 9 Potret Keseruan Presiden Jokowi Bermain Bersama Sang Cucu

Jika berhasil maka kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat berkisar Rp 250 – 500 ribu (Pulang – Pergi) tergantung dari kota mana kamu berasal.

  1. Pusing dengan aplikasi booking hotel online? Pakai Couch Surfing!

    Hotel Bali @ Bali-Indonesia.com

Untuk lebih hemat disarankan untuk tidak menggunakan fasilitas hotel berbintang. Kamu bisa pesan hotel yang biasa saja tapi tetap layak dan nyaman. Masih banyak aplikasi booking online yang menawarkan penginapan sesuai dengan isi dompet.

Namun jika kamu tetap ingin coba penginapan mewah bahkan lengkap dengan private pool di bawah satu juta rupiah, juga bisa kok!

Couch Surfing adalah website yang berisikan traveler di dunia yang menawarkan penginapan gratis di rumah (bahkan semacam kos-kosan).

Tentu saja, kamu harus mau menginap a la kadarnya namun bisa menghemat biaya menginap. kamu juga bisa memiliki banyak teman dari berbagai budaya.

Harga Penginapan: Rp 75 ribu (malam pertama, di backpacker hotel), Rp 375 ribu (hari kedua, di penginapan bagus), sisanya bisa kamu pilih sendiri di couchsurfing.com.

  1. Tak perlu makanan mewah, asal enak dan kenyang. 

    Makanan Khas Bali @Jakarta Globe

Masih banyak kok makanan dengan harga terjangkau di Bali. Tentu saja, makanan-makanan ini tidak terletak di area pusat pariwisata. Namun, tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa merasakan makanan khas Bali seperti nasi campur, ayam betutu dan lain sebagainya dengan meanfaatkan informasi ke warga setempat.

Baca Juga: Ternyata Instagram Bisa Bikin Depresi dan Gangguan Makan, lho!

Nah, bagi kamu yang suka mencoba cafe atau ingin mencoba nongkrong cantik di Bali dengan budget minin, jangan khawatir. Cobalah untuk nongkrong di tempat seperti Potato Head, cukup sekali sampai dua kali saja dan pesan saja minum atau apapun yang termurah.

Harga Kuliner: Rp 500 ribu (makan 2 kali sehari, selama 7 hari), Rp 100 ribu (cafe 1–2 kali)

  1. Tempat wisata? Gratis!

    Bali Swing @Thebalibible

Kebanyakan wisata pantai di Bali rata-rata gratis kok. Meskipun gratis, berbagai tempat pariwisatanya tetap menarik. Bahkan, kamu juga tetap bisa mampir ke tempat keren seperti Ayana, Rimba dan semacamnya secara cuma-cuma. Tipsnya mudah sekali, pergilah ke sana hanya untuk melihat-lihat dan numpang foto saja, jangan duduk untuk makan, karena pasti mahal sekali.

  1. Biasakan bepergian untuk berjalan kaki.

    Pedestrian di Bali @TripSavvy

Selama masihb kuat berjalan, kamu bisa memanfaatkan kakimu untuk pergi secara gratis kemanapun di Bali. Bisa juga memanfaatkan promo angkutan umum online jika memang memilikinya.

Bisa juga mencari persewaan kendaraan bermotor yang benar-benar murah jika kamu bepergian sendiri. Alternatif lain, kamu bisa nebeng atau meminjam transportasi ke teman di Couch Surfing supaya biaya transportasi gratis.

Harga transportasi: Gratis – Rp 150 ribu

Baca Juga: Bingung Atasi Perut Buncit? Jamu Kunyit Asem Solusinya!

  1. Bahkan masih bisa membeli oleh-oleh.

    Oleh-oleh di Bali @travelog.me

Dengan sisa uang yang dimiliki (ambil contoh Rp 50 ribu), kamu bisa menggunakannya untuk membeli oleh-oleh. Tak perlu yang mahal, tetapi cukup berkesan.

Kamu bisa mulai membeli gelang bali seharga Rp 10 ribu untuk tiga gelang. Dengan Rp 40 ribu sisanya, kamu bisa habiskan itu untuk membeli apapun yang kamu inginkan.

Jadi, masih berpikir kalau ke Bali itu mahal?


Penulis : Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa