BALITODAY.NET – Jika ZensTODAY ditanyai makanan khas Nusantara, maka akan banyak sekali nama makanan yang muncul. Hal ini tentu saja karena masyarakat Indonesia terdiri dari suku-suku dan budaya beraneka ragam yang kemudian menghasilkan masing-masing makanan dengan cita rasa lezat khas masing-masing daerah.

Namun tak semua makanan khas Indonesia yang pernah kita jumpai benar-benar asli tanah air. Mengingat riwayat sejarah bangsa yang pernah berinteraksi langsung dengan kultur penjajah Belanda, sedikit banyak pengaruh dari Belanda menjalar ke sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali pada makanan. Beberapa makanan khas Nusantara sebenarnya merupakan hasil ‘adopsi’ dari makanan khas Negeri Oranye itu.

Baca Juga: Tak Hanya Pakaian Seksi, 5 Hal Sepele Ini Juga Bisa Buat Pria Bergairah

Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya.

Semur
Semur
Semur @Kuliner Nasional

Semur berasal dari Bahasa belanda, Smoor, yang artinya adalah rebusan. Di negeri asalnya, semur adalah daging yang direbus dengan tomat dan bawang. Sedangkan di Indonesia, makanan ini diberi tambahan rempah untuk memunculkan cita rasa Nusantara.

Perkedel
Perkedel
Perkedel @Sejarah RI

Nama aslinya adalah Frikadeller. Mungkin namanya mengalami perubahan karena orang Indonesia kesulitan mengucapkan frikadeller sehingga diganti dengan perkedel. Makanan ini adalah kentang yang dilumat dengan daging cincang. Namun seiring jalannya waktu, perkedel mulai bervariasi seperti perkedel tahu, jagung, dan lain-lain.

Kue Cubit
Kue Cubit
Kue Cubit @Berry Kitchen

Dalam Bahasa Belanda, nama kue ini adalah poffertjes. Pengolahannya hingga kini tak mengalami perubahan dengan dulu kala. Orang indonesia lebih suka menyebutnya ‘kue cubit’ karena dalam saat proses pembuatannya, para pedagang kue ini mencubit jajanan ini menggunakan sejenis alat penjepit.

Baca Juga: Superhero Indonesia vs Superhero Hollywood, Mana yang Lebih Kuat?

Kastengel
Kastengel
Kastengel @Rani Cookies

Kue legendaris yang selalu muncul di meja tamu saat Lebaran ini juga berasal dari Belanda. Nama aslinya kaasstengels nggak berbeda jauh sebenarnya. Kue keju ini masih populer di Negeri Tulip dan bisa dijumpai di toko-toko kue lawas.

Lapis Legit
Lapis Legit
Lapis Legit @Seratus

Nama sebenarnya adalah spekkoek. Roti jenis ini terdiri dari beberapa lapisan yang memiliki rasa manis. Masyarakat Indonesia mengadopsi makanan ini dan memberi nama sesuai dengan bentuknya, yaitu lapis legit, karena rasanya yang manis dan bentuknya yang berlapis.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar