Tim nasional Indonesia U-23

mampu melaju ke semi-final SEA Games 2015 dengan menjadi runner-up Grup A. Tim Garuda Muda menjungkalkan tuan rumah Singapura U-23 dengan skor tipis 1-0, lewat gol dari Evan Dimas di menit ke-47.

Perjuangan dari tim arahan pelatih Aji Santoso itu menuai pujian dari Ketua Komisi X DPR RI, Teuku Riefky Harsya. Riefky salut Indonesia tetap membidik kemenangan atas Singapura meski hanya membutuhkan hasil imbang saat melawan Young Lions.

“Luar biasa perjuangan mereka ini, tetap semangat, kompak, dan disiplin meski lawan yang dihadapinya adalah tuan rumah. Yang paling membikin saya bangga itu, mereka tak melakukan permainan parkir bus meski hasil imbang sudah meloloskan Indonesia ke semi-final,” beber pria 42 tahun itu.
Riefky menyebut, perjuangan Manahati Lestusen dan kawan-kawan patut dicontoh. Karena meski keadaan sepakbola nasional sedang kacau sejak pembekuan PSSI oleh Kemenpora hingga turunnya sanksi FIFA, timnas U-23 tetap mampu melangkah ke semi-final.

“Patut dicontoh apa yang diperlihatkan oleh pemain timnas U-23 ini. Mereka tetap tegap membela martabat dan kehormatan bangsa meski segudang permasalahan sepakbola sedang terjadi di tanah air.

“Nilai yang kita dapatkan dari perjuangan pemain timnas U-23 ini adalah kebersamaan. Maka, ini harus menjadi pembelajaran bahwa meningkatkan prestasi sepakbola di tanah air perlu kebersamaan dan kerja sama bukan kegaduhan yang didahulukan.”

 
Source : goal.com   editor : Indriana M