Pantai balekambang jawa timur adalah salah satu pantai eksotis khas lautan selatan yang ada di kawasan malang-jawa timur, tepatnya terletak di kecamatan bantur, sekitar 55 km arah selatan kota malang. 

Pantai Balekambang termasuk ke dalam gugusan pantai yang berada di wilayah selatan atau biasa disebut dengan pantai selatan, karena letaknya inilah sehingga pantai ini juga kaya akan mitos-mitos dan juga kepercayaan masyarakat yang berbau mistis. salah satu mitos yang berkembang di sini adalah akan berakhirnya hubungan pasangan muda-mudi yang belum sah dalam bahtera pernikahan jika mereka datang atau berkunjung ke pantai ini, mitos lain yang bekembang adalah air yang ada di sekitar area pantai balekambang akan membuat awet muda, sehingga tidak jarang kita temui orang-orang atau wisatawan yang berendam atu sekedar mengusapkan air ini ke wajah mereka.

Salah satu yang juga menjadi daya tarik wisata di pantai ini adalah karang laut yang terbentang dari area pantai menuju laut dengan panjang mencapai 2 km dan lebar 200 meter, sungguh menakjubkan. Selain itu, di sekitar area pantai balekambang ini jga terdapat 3 puau , yaitu pulau Anoman, pulau wisanggeni dan pulau Ismoyo, di atas pulau ismoyo terdapat pura yang selalu digunakan oleh masyarakat sekitar ketika ada upacara-upacara adat, perlu diketahui juga jika di sekitar kawasan pantai balekambang masyarakat rata-rata beragama hindu.

Seperti umumnya pantai-pantai yang ada di daerah selatan, pantai balekambang juga memiliki ombak yang deras dan besar, sehingga kita juga harus berhati-hati ketika bermain-main di sini terutama jika kita mengajak anak kecil. Namun sudah pasti dengan adanya ombak yang besar ini adalah berkah bagi mereka yang gemar berselancar, oleh karena itu tidak jarang akan kita temui para wisatawan yang merasakan ganasnya ombak pantai balekambang ini dengan berselancar.

 

Editor : Indriana