SBY © www.ditjenpum.go.id

Pada saat mengisi kuliah umum di Universitas Udayana (Unud) Denpasar, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjukkan sesuatu yang mengejutkan ratusan mahasiswa. Ternyata SBY memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

SBY mengaku kini dirinya merupakan warga Bali. hal ini disampaikannya pada kuliah umum di Universitas Udayana (Unud) Denpasar. SBY mengungkapkan cintanya terhadap keindahan dan panorama alam dan budaya Bali.

“10 tahun saya jadi presiden, saya hampir setiap tahun tinggal di Tampaksiring. Itu artinya, saya sudah 50 kali tinggal di Tampaksiring,” ujarnya seiring tepuk tangan ratusan mahasiswa Udayana Denpasar, Selasa (2/2), seprti dilansir Beritabali.

SBY pun bercerita mengenai kenangan indahnya dulu saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB). Ketika itu, satu kelompok peserta mementaskan karya garapannya, namun tiba-tiba hujan lebat turun dan hampir seluruh penonton lari berhamburan mencari tempat berteduh. Penonton tinggal 20 persennya saja. Sedangkan SBY tetap duduk tenang menyaksikan pertunjukkan selesai di bawah guyuran hujan lebat.

“Saya saat itu berpikir, karya seni ini sudah dipersiapkan minimal setahun sebelumnya, kalau kita tidak menghargainya hanya karena hujan turun. Dalam kuasa Tuhan, hujan pun reda dan cuaca terang benderang sehingga pengunjung kembali menikmati pementasan seni tersebut,” ceritanya.

Dirinya menyampaikan dalam waktu sekitar tiga atau empat tahun ke depan, ia akan mendirikan ‘SBY Center Galeri’ yang akan diisi oleh karya seni dari seluruh daerah di Tanah Air.

“Saya berjanji dari seluruh koleksi benda-benda seni budaya nantinya, sebanyak 20 persennya berasal dari Bali. Pasti ada nuansa Bali di SBY Center Galeri tersebut,” tutupnya.

(ber/nei)