Ilustrasi ©okezone.com

Dijadwalkan, hari ini (16/02) akan diadakan Gladi Pelantikan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali pada pukul 14.00 WITA.

Sekda Provinsi Bali, Cokorda Pemayun, menjelaskan bahwa seluruh calon diwajibkan datang untuk meramaikan suasana.

Lebih lanjut, ia menyatakan pada Rabu (17/02), gubernur akan melakukan pelantikan dengan serentak, diikuti pembacaan sumpah serta penandatanganan pakta integritas. Pelantikan bupati dan walikota ini akan digelar sekitar pukul 09.00 WITA.

Lebih lanjut, seperti dilansir dipabali.com, Cokorda mengatakan bahwa dasar hukum prosesi pelantikan masih merujuk pada Perpres Nomor 167 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pelantikan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Namun hingga saat ini, Perpres tersebut belum turun karena masih dalam proses penandatanganan oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Keppres masih sedang diproses, hari ini komitmennya akan diputuskan oleh Mendagri untuk keputusan 6 Kabupaten kota,” timpalnya.

Menurutnya lagi, produk hukum di Indonesia akan menggunakan peraturan yang lama apabila belum produk hukum yang baru belum resmi dikeluarkan. (dpb/fal)