Kota Wisata Batu (KWB) adalah sebuah Kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 15 km sebelah barat Kota Malang dan 98 km sebelah barat daya Kota Surabaya  ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kota Batu berada di jalur Malang-Kediri dan Malang-jombang.Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 680-1.200 meter dari permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 15-19 derajat Celsius.ejak abad ke-10, wilayah Batu dan sekitarnya telah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan, karena wilayah adalah daerah pegunungan dengan kesejukan udara yang nyaman, juga didukung oleh keindahan pemandangan alam sebagai ciri khas daerah pegunungan.

Buah apel telah menjadi ciri khas kota Batu yang mengakibatkan banyaknya Perkembangan  perkebunan apel di daerah Kota Batu  sebagai obyek wisata oleh banyak masyarakat  di sekitar kota Batu. Diawali dari pemikiran akhirnya dibangunlah wisata “kusuma agrowisata Petik apel” yang biasa disebut dengan Wisata Petik Apel Batu yang berada dan berlokasi di Kota Batu Malang sekarang telah menjadi salah satu obyek wisata favorit, baik untuk pengunjung domestik atau wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

petik

Wisata agro di Batu ini lebih menarik dengan kelebihannya yaitu kita dapat memetik buah apel secara langsung dari pohonnya serta kita dapat menikmati langsung segarnya buah apel. Perkebunan apel dengan suasananya nan asri dan dikelilingi gunung yang indah membuat para pengunjung merasa nyaman serta refresh dari kejenuhan aktivitas sehari-hari.

di wisata Agro petik Apel menyediakan banyak fasilitas salah satunya Outbound, Kebun Apel dan Kebun Strowberry, di kebun apel kita dapat memetik buah apel sendiri dengan di temani tentunya dengan Pemandu Kusuma Agro wisata.tidak hanya itu kita juga bisa  utbond dengan flying fox-nya sampai dengan paintball dan air soft gun tersedia di area perkebunan yang terkenal dengan kusuma agrowisata kebun apel tersebut. Anda juga dapat merasakan sensasi menaiki ATV dengan mengelilingi bukit Panderman ataupun menunggang kuda poni dan ditemani oleh pemandu yang sangat berpengalaman.

Dengan adanya kusuma agrowisata petik apel, tempat-tempat wisata di Kota Batu kini  menjadi lengkap, ada wisata pendidikan, wisata sejarah, wisata alam, dan kini ada Wisata Petik Apel dan telah menjelma sebagai salah satu wisata favorit yang wajib dikunjungi jika berlibur di Kota Wisata Batu Malang.

Sumber : bromomalangtravel.com editor : Indriana M