Gubernur dan Wakil Gubernur Bali © www.youtube.com

Pada Senin (25/1), Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta mengunjungi TKP bencana tanah longsor yang menimpa warga di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Selain meninjau lokasi, kedatangannya adalah menyerahkan sejumlah bantuan kepada korban banjir bandang di Kecamatan Gerokgak yang menimbulkan 92 rumah mengalami kerusakan.

Pada saat kunjungan, Sudikerta menyaksikan kegiatan evakuasi kayu gelondongan yang sudah dipotong-potong oleh tim reaksi cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng. Evakuasi juga dibantu oleh anggota TNI Angkatan Darat. Selain itu, keterlibatan masyarakat juga mempercepat proses pembersihan diseputar lokasi bencana.

Sudikerta juga turut memberikan motivasi kepada para korban yang terkena dampak banjir bandang. Menurutnya, Kabupaten Buleleng merupakan daerah yang dikelilingi sejumlah perbukitan. Secara otomatis, Buleleng memiliki faktor geografis yang cukup rentan untuk waspada terhadap bencana tanah longsor dan banjir bandang.

Dia menghimbau agar masyarakat sekitar tidak membangun rumah di kawasan lereng perbukitan dan tidak melakukan illegal loging. Masyarakat harus sadar untuk melakukan penanaman kembali terhadap sejumlah kawasan yang minim pohon penghijauan. Pemotongan pohon untuk kebutuhan warga sendiri diperbolehkan asal menanam gantinya.

“Diusahakan potong satu, lalu setelah itu tanam seribu pohon. Dan bila perlu lakukan penghijauan lebih banyak lagi untuk menahan tanah dari perbukitan sehingga bisa terhindar dari bencana tanah longsor serta banjir bandang,” ujarnya, speerti dikutip Suaradewata.

Pengalaman tersebut dipercaya masyarakat Bali sebagai dengan sebutan Tri hitakarana. Konsep Tri Hitakarana merupakan sebuah konsep pendekatan antara Manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan lingkungan disekitarnya termasuk alam. Sehingga, akan terjadi sebuah bentuk keseimbangan hidup antara manusia dengan alam dan bisa menghindarkan manusia dari gangguan bencana alam.

(sua/nei)