Masjid Ajaib atau juga Masjid Tiban

adalah sebenarnya Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang terletak di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Nama yang cukup panjang yang mempunyai makna Laut Madu atau, “Fadilah Rohmat” (Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat-terjemahan Bahasa Jawa).

Disebut Masjid tiban karena Konon masjid yang sangat megah ini dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitar, dan menurut mitos dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam,Tetapi menurut para santri yang menghuni masjid yang sekaligus juga merupakan pondok pesantren itu, Masjid Tiban telah dibangun sejak tahun 1991. Memang dalam proses pembangunannya, masjid ini tidak menerima sumbangan dari pihak luar. Bahkan para pekerjanya pun adalah para santri yang mendiami pondok pesantren Masjid Tiban. Jadi wajar saja jika tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Masjid turen

sekarang masjid Tiban telah menjadi salah satu tujuan wisata religi di daerah Malang Selatan. Bangunan yang memiliki 9 lantai ini sungguh merupakan bangunan masjid mewah yang mengundang decak kagum siapa saja yang mengunjunginya. Masjid ini selain sebagai tempat ibadah juga sebagai pemersatu umat Islam dalam mengkaji Islam. Karena selain berfungsi sebagai masjid, tempat ini juga sebagai pondok pesantren yang berfungsi untuk mempelajari Islam secara dalam. Bangunannya yang indah dan megah membuat banyak orang yang datang untuk berkunjung ke masjid Turen ini. Mereka mengaggumi kuasa sang pencipta, karena atas hidayahnya yang telah diberikan kepada para pendiri dan masyarakat sekitar masjid ini dapat berdiri kokoh. Dengan adanya masjid itu, banyak masyarakat yang mendalami islam secara baik.

Pertama memasuki masjid tiban ini Anda akan melihat sebuah tembok yang sengaja didesain mirip dengan gua. Sungguh tidak seperti masjid pada umumnya, arsitektur masjid ini sangat mengagumkan. Bahkan di bagian luar masjid terdapat sebuah kebun binatang mini dengan beberapa hewan seperti monyet, burung merak, rusa, burung dara, dan beberapa hewan lainnya. Bagi Anda yang ingin naik perahu berkeliling danau buatan pun tersedia fasilitasnya.

monyet

Namun sayang, karena kurangnya promosi atau pemberitaan, jadi masih sedikit masyarakat Malang ataupun di luar Malang yang mengetahui tentang keberadaan Masjid Tiban ini.

 

 editor : Indriana M