Pantai Canggu Bali © www.travel.grivy.com

Unjuk rasa yang dilakukan kurang lebih 150 masyarakat Desa Adat Canggu, Kabupaten Badung, Bali berlangsung Minggu pagi (31/1) sejak pukul 10.00 WITA. Aksi ini melambangkan rasa kekecewaan dan kemarahan masyarakat Canggu atas tidak digubrisnya tuntutan mereka terhadap pembangunan Hotel Canggu Intercontinental (HCI).

Dari beberapa aspek pembangunan hotel ada yang tidak disetujui oleh masyarakat Canggu. “Kami hanya ingin tuntutan kami diindahkan! Sudah hampir setahun berlalu tapi pihak hotel tidak ada sedikitpun melakukan perubahan berarti. Kami tidak mungkin akan melakukan hal-hal negatif jika permintaan kami dipenuhi!,” teriak orator unjuk rasa yang diikuti riuh tepuk tangan massa.

Melansir dari Tribunbali, sebelum memulai unjuk rasa ini, ratusan masyarakat tersebut berkumpul di depan wantilan Pura Dalem Kahyangan, Banjar Canggu. Kemudian, mereka memasuki Pura Dalem guna melaksanakan persembahyangan.

Setelah berdoa selesai, masyarakat kemudian berjalan kaki menuju HCI yang berjarak sekitar 100 meter dari Pura Dalem. Mereka membentangkan handuk bertuliskan kalimat protes serta lima butir kesepakatan antara masyarakat dengan pihak investor.

(tri/nei)