Pegawai negeri © www.jokowinomics.com

Sebanyak 16  pegawai  Pemda Klungkung di Kantor Camat Nusa Penida dipanggil oleh Tim Gerakan Gerakan Disiplin Nasional (GDN) Klungkung yang dipimpin Assisten II, Ketut Suayadnya untuk diberikan pembinaan. Pemanggilan ini terkait pegawai tersebut yang bolos saat hari aktif kerja, tanpa ada keterangan.

Mereka kedapatan bolos dan tidak ada di kantor saat sidak dilakukan oleh tim GDN di sejumlah sekolah dan UPT di Nusa Penida, Rabu (27/1).

“Sebagian besar pegawai yang dipanggil tersebut merupakan penyuluh di Kantor UPT Kantor Ketahanan Pangan di Nusa Penida sebanyak 11 orang. Sementara, empat orang lainnya merupakan guru dan seorang lagi adalah pegawai kontrak di kantor Camat Nusa Penida. Semua pegawai tersebut dipanggil karena ditemukan tidak masuk kerja tanpa keterangan ketika disidak tim GDN,” terang Kepala BKD Klungkung, I Komang Susana saat ditemui di kantornya, Kamis (28/1), seperti dikutip Tribunbali.

Kebanyakan dari mereka beralasan langsung mengabsen ke Kantor Desa, karena mereka harus bertugas dan tersebar di seluruh penjuru desa di Nusa Penida. Sebagian yang lain mengaku sakit dan ada pula yang beralasan mengikuti kegiatan sosial.

“Untuk tenaga penyuluh ini, masih kita maklumi. Terutama yang berada di Jungutbatu, dan Lembongan. Mereka tidak mungkin untuk bolak-balik ke UPT Kantor Ketahanan Pangan hanya untuk mengabsen,” ungkap Komang Susana.

Selain di Nusa Penida, sidak GDN ini juga rutin dilakukan di Klungkung daratan (wilayah Klungkung di luar Nusa Penida).

“Untuk sanksi, tim GDN tentu akan mengacu sesuai PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS,” tambahnya.

(tri/nei)