Kungkuk merupakan nama sebuah kampung yang terletak di Desa Punten, kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kampung yang diapit oleh 2 gunung yakni gunung Arjuno dan gunung Panderman ini berjarak 6 km dari pusat Kota Batu. Sejak tahun 2009 lalu kampung Kungkuk dirancang sebagai Kampung Wisata. Berawal dari harga panen apel di Kota Batu mulai menurun, masyarakat sekitar berfikir untuk mengembangkan masa depan kampung mereka. masyarakat semua bermusyawarah dan terciptalah Kampung Wisata Kungkuk ini.

Fasiltas yang ada di Kampung Wisata ini berupa homestay dengan nuansa alam pedesaan yang sejuk, petik buah langsung dari pohonnya sekaligus menikmati buah yang masih segar, wisata berkuda dengan mengelilingi pemandangan indah yang berada di Kungkuk, trail adventure dengan mengendarai motor trail di area perbukitan pohon pinus, sekolah alam yang mengajarkan tentang cara menanam dan merawat buah dan sayur, kesenian kungkuk dengan melihat kebudayaan khas Kampung Kungkuk, ronda malam dalam upaya melestarikan sikap tolong menolong dengan masyarakat sekitar, camping and outbond area dimana kita bisa merasakan bertempat tinggal di alam yang terbuka dengan panorama pegunungan yang menjanjikan keindahannya.

Kungkuk memiliki suhu yang dingin sehingga berbagai jenis tanaman hias bisa hidup dan dapat berkembang, dengan tumbuhan bunga hias yang bermacam warna yang menghiasi udara yang sangat sejuk. Karena pesona alamnya yang sangat indah dan jarang dimiliki oleh kampung wisata lain, selain itu Kungkuk juga memiliki sumber air yang berlimpah dan terletak di lereng bukit kampung tersebut. Meskipun jalan menuju kampung Kungkuk berupa tanjakan, tetapi kondisi jalan layak dilewati untuk sepeda motor maupun mobil.

 Editor : Indriana M