BALITODAY.NET – Akhir tahun ini langit malam akan dihiasi dengan fenomena alam yang menakjubkan. Tak cukup satu, Desember ini ada dua fenomena astronomi yang dapat kamu saksikan di angkasa dengan mata telanjang.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Fatuhri Syabani menyatakan bahwa bulan ini akan terjadi hujan meteor Geminid dan melintasnya Komet 46P/Wirtanen.[irp]

“Merujuk pada situs Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), ada 2 peristiwa luar angkasa, Meteor Showers Geminids dan penampakan Komet 46P/Wirtanen,” kata Fatuhri dikutip dari Kompas.com pada Jumat (14/12/2018).

Hujan meteor diperkirakan akan berlangsung dari tanggal 14 – 17 Desember 2018. Selama tanggal tersebut hujan meteor Geminid akan berlangsung salam 24 jam nonstop dengan jumlah mencapai 120 meteor per jam pada puncaknya. Hujan meteor ini menjadi salah satu yang paling intensif.

Fenomena ini tergolong sebagai fenomena langka. Pasalnya, selain Quadrantids, Geminid juga menjadi satu-satunya hujan meteor yang tak berasal dari serpihan komet. Hujan meteor ini berasal dari sebuah asteroid misterius yang dinamakan 3200 Phaethon.

Selain hujan meteor, tahun ini juga akan ditutup dengan penampakan Komet 46P/Wirtanen di langit malam. Komet ini diprediksi menjadi komet paling terang yang pernah melintasi Bumi sepanjang 2018.

Komet ini dilaporkan mengorbit 5,4 tahun sekali, namun tidak pernah cukup dekat dengan bumi. Tahun ini menjadi sebuah keberuntungan karena tanggal 16 Desember 2018 nanti, komet tersebut akan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi selama 70 tahun terakhir ini.[irp]

Meski berada di jarak terdekatnya, komet ini tidak akan terlihat besar di angkasa. Sebagai salah satu komet berukuran kecil, 46P/Writanen hanya akan terlihat seperti titik hijau samar yang bergerak di langit.

Namun seperti biasa, untuk dapat menyaksikan fenomena ini, langit harus dalam kondisi cerah tak berawan dan terbebas dari polusi cahaya ya, Zens. Sudah siap? Selamat berburu hujan meteor dan komet!


Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S