BALITODAY.NET – Batu permata menjadi salah satu perhiasan mahal di muka bumi ini. Logam ini cukup sulit ditemukan lantaran mahal. Namun apa yang ZensTODAY pikirkan jika Bumi dipenuhi oleh permata?

Yap, dilansir dari Kompas.com, Senin (1/1/2019), penelitian yang dilakukan oleh astronom dari University of Cambridge telah menemukan planet yang berlimbah batu rubi dan safir. Uniknya, struktur pembentuk planet ini menyerupai Bumi.[irp]

Planet ini diberi nama HD219134b yang terletak 21 tahun cahaya dari rasi bintang Cassiopedia. Bentuk dan strukturnya cenderung disebut Bumi Super karena memiliki 10 – 20 persen lebih padat ketimbang Bumi. Planet ini diduga memiliki kandungan kalsium dan aluminium ditambah suhu yang cukup tinggi untuk memfasilitasi pembentukan batu rubi dan safir.

“Sebuah kelas baru dari exoplanet berbatu yang terbentuk dari sejumlah nesar kalsium, aluminium, dan oksidasi mereka, serta planet ini terbentuk sangat dekat dengan bintang induknya,” kata Ketua Penelitian, Amy Bonsor.

Rencananya, tim ini akan meneliti lebih jauh jenis komposisi yang membentuk planet ini. Kabarnya, hasil penelitian ini mendapatkan tanggapan bagus dari misi PLATO, yakni survei planet ekstrasurya yang dipelopori oleh Badan Antariksa Eropa.[irp]

Tujuan utamanya adalah menggunakan garis penelitian ini untuk memodelkan bagaimana koleksi primitif dari bahan-bahan ini perlahan tumbuh dan berkembang menjadi sebuah planet utuh. “Ini sesuatu yang kita tidak benar-benar mengerti bahkan untuk tata surya kita,” imbuhnya.

Jadi, siapa mau pindah ke planet ini!


Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh