Nirvana adalah nama sebuah grub band asal Washington, Amerika Serikat, yang membawakan musik dengan aliran grunge. Nirvana mulai digemari banyak kalangan sejak perilisan album Nevermind, dengan single andalan mereka yang berjudul Smells Like Teen Spirit.

Nirvana terdiri dari tiga musisi, diantaranya Krist Novoselic, Kurt Cobain, dan Dave Grohl. Band ini bubar pada 1994 setelah peristiwa bunuh diri Kurt Cobain akibat overdosis kokain di kediamannya.

Grub dengan duo vokalis ini pertama dibentuk tahun 1987, dengan perilisan album pertama mereka pada tahun 1989 dibawah sebuah lebel indie.

Pada tahun 1991, Nirvana menandatangani kontrak dengan major label DGC dan sekaligus melepas album Nevermind yang berisi single kontroversial Smells Like Teen Spirit yang mampu mencapai angka penjualan 400 ribu keping kopi dalam waktu 1 minggu.

Berusaha mengulang sukses album pertama, album kedua bertajuk IN UTERO pun dirilis 2 tahun berikutnya. Sayangnya album ke 2 ini tidak semulus penjualan album pertama.

Pada tanggal 8 April 1994 sang vokalis Kurt Cobain ditemukan meninggal di rumahnya di Washington dan hari terakhir bagi grub musik Nirvana. Beberapa album kompilasi mereka masih sempat dirilis beberapa tahun kemudian setelah grub ini bubar, dan diperkirakan Nirvana telah menjual sekurang-kurangnya 50 juta kopi album mereka di seluruh dunia sampai dengan saat ini.(wiki/pras)

courtesy by Youtube