Michael Learns to Rock, atau sering disingkat MLTR, adalah grup musik sweet pop / soft rock yang berasal dari Denmark. Grup musik ini didirikan pada 21 Maret 1988 oleh penyanyi dan pemain keyboard Jascha Richter, drummer Kåre Wanscher, gitaris Mikkel Lentz, serta pemain bass dan gitar Søren Madsen. 

Penggunaan nama Michael dalam nama panggung mereka, terinspirasi dari Michael Jackson, hal ini terungkap dalam sebuah pernyataan MLTR pada suatu wawancara. 

MLTR terkenal setelah perilisan Album pertama nya bertajuk Michael Learn to Rock di Amerika pada 1991, disusul Album Colours pada Oktober 1993, dan Album Played on Pepper dirilis pada Agustus 1995. MLTR merilis album The Greatest Hits dengan judul Paint My Love pada Mei 1996. Dengan isi Album merupakan lagu lagu terbaik gabungan dari ketiga album yang pernah mereka rilis sebelumnya. 

Album ke empat mereka dirilis pada tahun 1997 dengan judul Nothing to Lose sekaligus sebagai Album terakhir dari keempat pemain, karena pada tahun 2000 sebelum album kelima dirilis, Madsen sang pemain bass dan gitar memilih untuk hengkang dan meneruskan bersolo karir.

Album kelima dirilis pada tahun 2000 dengan judul Blue Night. Setelah perilisan Blue night, MLTR memilih untuk vakum dari dunia musik, dan kembali berkumpul pada tahun 2004 untuk merilis album keenam mereka bertajuk Take me to your heart, dan pada 2008 mereka kembali merilis album Eternity, pada 2012 mereka kembali menelurkan album Scandinavia, yang mana didalamnya terdapat 11 lagu baru.  

Sebagai promosi untuk album kedelapan, mereka menggelar tur ke Asia, termasuk ke Indonesia, dan menggelar konser di pekalongan, Jawa Tengah. 

Di sepanjang karirnya, mereka berhasil membuat beberapa hits lagu diantaranya, Paint my love, Take me to your heart, 25 minutes, That’s why, I’m gonna be around dan The Actor serta masih banyak lagi.  

Courtesy by Youtube