Hotel California mungkin menjadi salah satu lagu terpopuler di seluruh dunia yang dibawakan oleh Band The  Eagles, Lagu ini berkaitan dengan pendirian Church of Satan (Gereja Setan) oleh Anton LaVey dengan mengambil alih sebuah hotel di California Street tahun 1969. Ini bisa dilihat dari liriknya “They stab it with their steely knives, but they just can’t kill the Beast,” menunjukkan kekuatan setan(beast). Eagles merupakan grup band sukses dengan album dan singel yang terjual hingga lebih dari 100 juta copy diseluruh dunia. Band yang dibentuk ditahun 1972 ini, awalnya hanya sebagai band pengiring konser penyanyi Linda Ronstadt.

Dalam lagu di album hits tahun 1976, “Hotel California”, The Eagles memperingatkan pendengarnya akan dua hal yang ‘berbahaya’, perempuan dan California. Atau, lebih tepatnya, gadis California. The Eagles seperti merubah permohonan the Beach Boys tahun 1965 dalam “California Girls” (‘I wish they all could be California girls’). Rupanya sesuatu yang drastis terjadi pada gadis-gadis di Golden State (California) antara tahun 1965 dan 1976. Pada saat mereka menulis “Hotel California,” The Eagles mungkin telah sampai pada kesimpulan bahwa ‘perempuan paling cantik di dunia’ juga hadir dengan banyak membawa ‘masalah’.

Hotel California” merupakan album klasik band ini. Dirlis tahun 1976, lagu ini juga memenangkan perhargaan gramy award masing-masing untuk kategori “Record Of The Year dan Best arrangement For Voices”.
“Hotel California” juga menjadi album best selling Eagles dengan terjual sebanyak 16 juta copy saat itu di AS. Hanya saja, setelah tur album ini, satu lagi personel Eagles, Randy Meisner juga meninggalkan band ini. Berbeda dengan Leadon, Randy Maisner hengkang untuk bersolo karir, posisinya kemudian digantikan Timothy B. Schmit.

Sejarah band ini berawal dari menjadi band pengiring selama dua bulan, empat personel awal Eagles yaitu Glenn Frey, Bernie Leadon, Randy Meisner dan Don Henley sepakat membentuk grup band sendiri dengan nama Eagles. Nama itu mereka pilih sebagai penghormatan kepada salah satu band idola mereka “The Bird”. Ditahun yang sama, Eagles mengikat kontrak dengan Asylum Label. Pada bulan Juni 1972, Eagles meluncurkan album perdana mereka yaitu,”Eagles” yang sukses dan masuk jajaran top 40, yaitu “Take It Easy”, “Witchy Woman”, dan “Peaceful Easy Feeling”. (gin/ind)

 

 Courtesy by Youtube