Maria lahir pada tanggal 20 Januari 1992 di Jakarta, anak kedua dari tiga bersaudara. Saat menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, ia terpilih sebagai delegasi kampusnya dalam International Conference of Business Economics and Accounting di Thailand. Ia juga pernah menjadi peserta dalam sebuah program pertukaran pelajar internasional pada tahun 2012 dan menjadi tenaga pendidik bagi anak-anak tidak mampu di provinsi Guizhou, China. Semasa kuliah, Maria aktif mengajar sebagai asisten dosen untuk kelas reguler dan internasional serta menjadi karyawan sementara di Bank Indonesia. Setamat kuliah, Maria sempat bekerja di Nestlé Indonesia.

Maria adalah lulusan SMP Marsudirini angkatan 2007, SMA Tarakanita 1 angkatan 2010, dan kemudian melanjutkan studi ke Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti dan lulus pada awal 2014. Ia tercatat sebagai mahasiswi lulusan tercepat dari Fakultas Ekonomi Trisakti angkatan 2010. Saat ini, wanita yang hobi menyanyi dan bermain piano ini tengah menempuh pendidikan pascasarjana di Magister Manajemen Universitas Indonesia. Ia fasih berbahasa Inggris dan Perancis.

Meskipun lahir dan besar di Jakarta, Maria memiliki pertalian erat dengan daerah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ibunya berasal dari Yogyakarta. Sementara ayahnya berasal dari Klaten, Jawa Tengah dan pernah bersekolah di Seminari Menengah, Magelang sebelum melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Sipil.

Miss Daerah Istimewa Yogyakarta Maria Harfanti kini telah menyandang status Miss Indonesia 2015. Dalam ajang pemilihan Miss Indonesia 2015, Maria Harfanti ditasbihkan sebagai Miss Indonesia 2015 setelah melewati serangkai tes.

Chairworman of Miss Indonesia Organization Liliana Tanoesoedibjo menilai, Maria Harfanti mempunyai paket lengkap sehingga bisa menjadi juara Miss Indonesia 2015. Paket lengkap itupun yang akan menjadi bekal Maria Harfanti menjadi perwakilan Indonesia di Miss World 2015.

 Ia mengatakan akan menyusun strategi dan konsep bersama-sama untuk menghadapi pemilihan Miss World 2015. Strategi tersebut agar bisa melangkah ke depan, di Miss World 2015. “Setiap perjuangan itu ada strategi, dan kita akan melangkah bersama,” katanya.

Liliana berharap, kepada Maria Harfanti untuk bisa berkontribusi penuh di Miss World 2015.  Serta dapat mengtasi tantangan di Miss World 2015, sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia di kaca dunia.  “Ini adalah langkah awal untuk lebih. Dia harus mampu menghadapi tantangan di Miss World 2015”.