BALITODAY.NET – Memiliki rumah sendiri bisa dibilang adalah sesuatu yang cukup rumit, khususnya bagi generasi milenial. Sebagian besar masyarakat yang lahir pada generasi ini cenderung mengesampingkan keinginan untuk membeli hunian sendiri dan memprioritaskan kebutuhan gaya hidup.

Namun bukan berarti milenial akan kesulitan untuk membeli hunian idaman. General Manager Marketing Rumah123 Fanny Meliana justru memperingatkan bahwa rumah adalah kebutuhan pokok yang harus segera dimiliki. Niat dan disiplin menjadi poin utama yang harus ditanamkan untuk bisa memiliki rumah sendiri.

Baca Juga: Anak Muda Mau Sukses Selain Jadi PNS? Begini Saran Risma

“Itu artinya punya niat. Ketika niat pengen punya properti, kita sudah buat list dalam kebutuhan kita,” terang Fanny dilansir dari Kompas.com, Kamis (15/11/2018).

Selain itu, milenial juga harus mengingat bahwa harga properti setiap tahun makin melonjak. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk tidak berpikir bahwa membayar uang muka dan cicilan itu adalah hal yang berat.

Baca Juga: Lebih Ekstrim dari Rebusan Pembalut, 5 Minuman Ini Juga Buat Mabuk

“Sekarang istilahnya babak belur pada uang muka atau DP pertama. Ketika sudah terbiasa membayar cicilan, biasanya kan gaji itu sudah ada peningkatan, jadi ada ruang lagi untuk traveling dan lain-lain,” tambahnya.

Umumnya, generasi milenial kebanyakan menunda untuk membeli rumah karena banyak pertimbangan. Beberapa di antaranya adalah pertimbangan lokasi, infrastruktur di sekitarnya, hingga situasi politik. Akibatnya, banyak dari mereka yang memilih untuk menyewa rumah lebih dulu.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar