Gizi yang diasup oleh ibu hamil akan mendukung perkembangan awal janin. Gizi yang baik didapat dari asupan makanan seimbang setiap harinya. Selama masa kehamilan, ibu membutuhkan gizi yang seimbang melebihi perempuan pada umumnya. Namun, di bulan Ramadan, waktu makan normal akan berubah polanya.

Kondisi ini sebetulnya bukan penghalang bagi ibu hamil untuk berpuasa, sepanjang hasil pemeriksaan menyatakan ibu hamil dan janin di rahimnya sehat. Gangguan yang dikhawatirkan bila ibu hamil berpuasa adalah risiko ketidakstabilan gula darah, yang bisa mengakibatkan kadar gula darah di bawah normal.

Dilansir dari cnnindonesia.com. Untuk menghindari dehidrasi pada ibu hamil yang berpuasa, Ibu hamil disaran agar tidak mengkonsumsi makan dan minuman yang bisa menyebabkan diuretik, dimana tubuh akan terus menerus mengeluar cairan melalui air seni, ini bisa meneybabkan dehidrasi. Hal ini disampaikan oleh Frizar Irmansyah, dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Beberapa makanan dan minuman memang dapat membuat tubuh lebih sering buang air kecil atau bersifat diuretik, kopi salah satunya. Penyebabnya adalah kafein yang terdapat di dalam kopi. Kafein merupakan diuretik alami. Berlebihan mengonsumsi kafein dapat menyebabkan dehidrasi, yang bisa membahayakan keberadaan janin dalam kandungan.

Mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan diare juga sebaiknya dihindari. “Yang bisa dipilih adalah buah-buahan dan sayuran yang bisa melembabkan, seperti jeruk, wortel, alpukat, dan bayam,” kata Frizar.