Puasa, merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim, ada waktu nya sahur dan berbuka puasa, selama berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan dan cairan, Agar puasa lancar, setiap manusia yang hendak berpuasa disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi serta mengandung banyak serat, selain makanan, minuman juga harus diperhatikan.

Menurut pakar kesehatan asal Swiss, Dr U Barsilus, seperti dikutip brilio.net dari ArabNews, Rabu (17/6), meminum teh saat sahur berpotensi membuat tubuh kehilangan garam dan mineral yang sangat dibutuhkan, teh bersifat diuretika, yang membuat tubuh menjadi lebih sering untuk buang air kecil.

Waktu terbaik utuk mengonsumsi teh adalah saat berbuka puasa, namun jangan lupa memperhatikan kadar gula dalam teh tersebut, jika terlalu banyak, gula justru dapat mengacaukan sistem pencernaan. Minum air putih hangat lebih dianjurkan baik untuk sahur maupun saat berbuka puasa.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi jus buah atau memakan buah secara langsung yang sangat dianjurkan untuk memaksimalkan proses detoksifikasi dalam tubuh. Sebab, saat puasa tubuh justru akan mengeluarkan racun melalui aliran darah, pori, serta pembuangan lainnya.

Editor : Prasetyo