Selama ini kita telah mengenal berbagai macam khasiat dedaunan, antara lain khasiat daun sirsak, daun binahong, daun salam dan daun jambu biji. Namun jangan salah, ada salah satu daun lagi yang memiliki khasiat tidak kalah dengan daun daun diatas.

Adalah daun ubi jalar, yang mengandung senyawa bioaktif seperti fenol, tanin dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan juga trombosit dalam darah. Senyawa bioaktif dalam tanaman atau biasa disebut fitokimia ini berpotensi sebagai obat alami dengan resiko rendah, tidak seperti obat sintetis yang beresiko tinggi pada tubuh.

Rebusan daun ubi jalar mampu digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti bisul, demam berdarah, rabun ayam, mabuk perjalanan diabetes, sakit tenggorokan bahkan cacingan atau susah buang air besar, berikut cara membuat obat alami berbahan dasar ubi jalar dan manfaatnya.

Mengatasi bisul
Ambil10 grm daun ubi jalar yang masih segar, lalu ditumbuk sampai lumat, kemudian ditempelkan pada bisul dan diamkan sampai kering.

Demam berdarah
Satu ikat daun ubi jalar direbus dengan satu liter air, setelah dingin, saring dan minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap hari.

Rabun ayam
Setengah kepal daun ubi jalar merah dicuci bersih dan diparut, campur dengan 3 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring. Minumlah air yang sudah disaring tersebut 3 x sehari sampai sembuh.

Mabuk perjalanan
Ambil ubi jalar secukupnya, cuci bersih dan makanlah sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.

Diabetes melitus (kencing manis)
Siapkan 100 grm ubi jalar, 15 grm kulit labu bligo, dan 50 grm biji alpukat, direbus dengan 1.000 cc air dan hingga airnya tersisa menjadi 500 cc. Setelah dingin saring dan minum, sedangkan ubinya dimakan.

Sakit tenggorokan
Minum air seduhan bubuk ubi jalar putih, ini didapatkan dari ubi yang dikeringkan dan ditumbuk hingga halus.

Cacingan dan susah buang air besar
Daun ubi jalar dijus lalu diminum, dan bisa juga dengan cara merebus daun ubi jalar secukupnya lalu meminum air rebusan tersebut.(indonews.co.id/pras)