BALITODAY.NET – Mencuci tangan adalah hal sepele namun berdampak besar bagi kesehatan kita. Sebagaimana kita ketahui, tangan adalah salah satu organ gerak tubuh yang langsung bersentuhan dengan benda-benda di sekitar kita.

Bayangkan saja, ada berapa banyak benda yang kita sentuh dari bangun tidur hingga tidur lagi. Banyak sekali bukan? Nah, mata manusia juga tidak dapat melihat langsung berapa banyak kuman-kuman yang menempel di benda-benda tadi dan kini berpindah ke tangan kita.

[irp]

Kalau kita tidak mencuci tangan, kuman-kuman tadi bisa berpindah ke dalam tubuh kita dan mengakibatkan kita jatuh sakit. Tentu tidak mau hal ini terjadi kan Zens? Untuk itu, kita perlu untuk selalu mencuci tangan di waktu-waktu tertentu. Berikut ada sembilan waktu yang disarankan untuk mencuci tangan dilansir dari Klikdokter.com.

1. Sebelum dan Sesudah Menyiapkan Makanan

Menyiapkan makanan (Detik)
Menyiapkan makanan (Detik)

Menyentuh bahan makanan tanpa mencuci tangan juga berbahaya. Salah satu aspek kehigienisan makanan adalah kebersihan tangan pengolahnya. Kalau mau lebih steril bisa pakai sarung tangan misalnya saat menguleni adonan kue.

2. Sebelum Makan

Makan (Hello Sehat)
Makan (Hello Sehat)

Tidak cukup di pengolahan bahan makanan, saat makan tangan juga harus bersih. Kalau tidak, kita bisa terserang diare karenanya.

3. Setelah Bersin, Batuk, dan Membuang Ingus

Ilustrasi Bersin dan membuang ingus (Hello Sehat)
Ilustrasi Bersin dan membuang ingus (Hello Sehat)

Bersin, batuk, dan ingus adalah beberapa upaya tubuh untuk menghalau kuman yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena tubuh sudah mengeluarkannya, jangan dimasukkan lagi lewat tangan kamu dong.

4. Sebelum dan Sesudah Menjaga Orang Sakit

Ilustrasi merawat orang sakit (Hello Sehat)
Ilustrasi merawat orang sakit (Hello Sehat)

Saat di rumah sakit atau sedang menjenguk orang sakit, upayakan selalu mencuci tangan dengan bersih. Sebab, banyak kuman-kuman yang tersebar baik di udara maupun benda-benda di rumah sakit. Umumnya, rumah sakit sudah menyediakan banyak cairan pembersih tangan di setiap ruangan bahkan di tempat tidur pasien. Jangan diabaikan ya!

5. Sebelum dan Sesudah Mengobati Luka

Mengobati luka (ist)
Mengobati luka (ist)

Luka juga menjadi salah satu sarang kuman. Semakin lama luka itu dibiarkan tidak diobati, kuman yang datang juga semakin banyak. Oleh karenanya rawat luka dengan baik dan selalu cuci tangan setelahnya.

6. Setelah Menggunakan Toilet

Toilet (Tribun Wow)
Toilet (Tribun Wow)

Seperti yang diketahui, fungsi toilet adalah untuk membuang kotoran. Dengan demikian tentunya sangat banyak kuman yang bersarang disini.

7. Setelah Mengganti Popok

Ilustrasi mengganti popok (Solusi Sehatku)
Ilustrasi mengganti popok (Solusi Sehatku)

Meskipun bukan di toilet, tapi popok tentunya juga mengandung banyak kuman. Jangan sampai habis pegang popok langsung pegang benda lain sebelum cuci tangan ya. Nanti kumannya malah menyebar.

8. Setelah Menyentuh Binatang ataupun Kotoran Binatang

Termasuk setelah menyentuh hewan ya (Tribunnews)
Termasuk setelah menyentuh hewan ya (Tribunnews)

[irp]

Binatang umumnya tidak bisa mandi sendiri seperti manusia. Banyak dari mereka yang langsung bersentuhan dengan alam bebas seperti berguling-guling di tanah. Hal ini tentu akan membuat tangan kita kotor dan mengandung kuman.

9. Setelah Menangani Sampah

Setelah membuang sampah atau setelah membuka tempat sampah juga cuci tangan ya (Lovely Bogor)
Setelah membuang sampah atau setelah membuka tempat sampah juga cuci tangan ya (Lovely Bogor)

Ya, setelah berkutat dengan sampah, kita harus segera cuci tangan. Contohnya saja sampah dapur. Setelah dibiarkan beberapa saat, sampah dapur akan berbau. Adanya bau ini disebabkan karena interaksi bahan dapur tadi dengan kuman-kuman.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak