BALITODAY.NET – Seekor ikan tuna terjual dengan harga 333,6 juta yen atau setara dengan Rp 44,95 miliar di pasar ikan Tokyo, pada Sabtu (5/1/2019). Ikan berjenis blufin tuna ini memiliki berat 278 kilogram.

Ikan ini berhasil memecahkan rekor harga penjualan tertinggi di pasar tersebut. Bahkan, menurut salah satu petugas di pasar ikan Tokyo, Masayuki Fukuda, harga tersebut melampaui dua kali lipat dari harga tertinggi yang pernah dicapai pada tahun 2013 silam.[irp]

Dikutip dari Bloomberg melalui Kompas.com pada Minggu (6/1/2019), Kiyomura Corp memenangkan lelang atas ikan tersebut. Kiyomura Corp sendiri merupakan perusahaan yang menjalankan bisnis restoran Sushizanmai di seluruh Jepang.

"Kami terlalu berlebihan, saya memperkirakan harganya akan di kisaran 30 juta yen hingga 50 juta yen, atau 60 juta yen, akan tetapi berakhir lima kali jauh lebih mahal," ujar Kiyoshi Kimura.[irp]

Rencananya ikan ini akan disajikan diseluruh outlet Sushizanmi yang ada. Untuk merasakan daging ikan tuna ini, pelanggan harus merogoh kocek senilai USD 200 atau seniali dengan RP 2,9 juta.

Ikan ini ditangkap di daerah Oma, bagian selatan Jepang. Ikan tuna paling mahal ini terjual dalam lelang pertama di 2019 di sebuah pusat lelang dekat Teluk Tokyo.


Penulis: Kistin S
Editor: Kistin S