Perekonomian Yunani berada di ujung tanduk, dengan tidak disetujuinya pengajuan penambahan nilai pinjaman oleh Bank Central Eropa. Yunani tinggal menunggu waktu untuk dinyatakan bangkrut.

Seperti diketahui dana talangan untuk Yunani akan berakhir pada 30 Juni 2015, dan tidak akan diperpanjang. Kepastian tidak diperpanjangnya dana talangan tersebut, setelah sejumlah menteri keuangan zona euro melakukan rapat di Brussel pada hari Sabtu waktu setempat (27/6).

Seperti dilansir dari bbc.com, keputusan tersebut diambil setelah Yunani menolak paket reformasi yang diajukan oleh negara-negara Uni Eropa, Bank Central Eropa, dan IMF, serta PM Yunani, Alexis Tsipras menyerukan diadakannya  referendum terkait rencana reformasi tersebut.

Dengan kondisi perekonomian Yunani yang semakin memburuk, apalagi dengan penutupan semua kegiatan perbankan di Yunani, membuat sejumlah masyarakat Yunani ber duyun-duyun melakukan penarikan dana mereka dari bank. Hal ini membuat antrian yang sangat panjang di sejumlah mesin ATM. (bbc)