BALITODAY.NET Chelsea akhirnya secara resmi berhasil mendatangi Christian Pulisic dari Borussia Dortmund. Kepindahan playmaker muda tersebut membuat heboh banyak pihak karena dibeli dengan harga fantastis yaitu 64 juta euro atau sekitar Rp 1.056 triliun.

Direktur olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc mengaku sudah melakukan berbagai cara untuk menahan pemain berusia 20 tahun tersebut. Namun upayanya tak bisa menghalangi mimpi Pulisic untuk bermain di Inggris.

[irp]

“Christian selalu bermimpi bermain di Liga Inggris,” kata Michael Zorc dikutip dari Reuters.

“Kami sudah mencoba untuk menahan dia agar tidak pindah, tetapi tentu saja ada hubungannya dengan identitasnya sebagai orang Amerika. Jadi kami tidak dapat memperpanjang kontraknya,” lanjutnya.

Harga atas kepindahan Pulisic tersebut dinilai terlalu mahal. Akan tetapi jika melirik sedikit ke belakang, strategi bisnis ini bukanlah yang bertama kali dilakukan klub yang identrik dengan warna kuning tersebut.

Ambil contoh Ousmane Dambele yang didatangkan dari Stade Rennais tahun 2017 silam dengan harga 15 juta euro. Dortmund menjual kembali pemain kelahiran Perancis tersebut dengan nilai 115 juta euro ke Barcelona.

Belum lagi ada Pierre-Emerick Aubameyang didatangkan dari St. Ettiene seharga 13 juta euro. Namun kemudian dengan harga 63,75 juta euro, Dortmund menjualnya ke Arsenal.

Henrikh Mkhitaryan juga pernah masuk dalam daftar korban bisnis Dortmund dari Shakhtar Donetsk seharga 27,5 juta euro. Die Borussen pun menjual kembali ke Mancgester United seharga 42 juta euro.

Tidak hanya mereka betiga, ada sederet nama lain yang membuat Dortmund mendapat banyak keuntungan.

Sebenarnya masih banyak nama lain yang berhasil dijual Dortmund, sehingga mendapatkan untung cukup banyak. Berikut nama-nama tersebut yang dirangkum melalui laman Bolatimes rangkum.

[irp]

1. lkay Gündoan : dibeli dari Nurnberg 5,5 juta euro – dijual ke Manchester City 27 juta euro

2. Mats Hummels : dibeli dari Bayern Munchen 4,2 juta euro – dijual ke Bayern Munchen 35 juta euro

3. Shinji Kagawa : dibeli dari Cerezo Osaka 350 ribu euro – dijual ke Manchester United 22 juta euro

4. Mario Goetze : dijual ke Bayern Munchen 37 juta euro.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa