Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin menjamin fit and proper test Letjen TNI (Purn) Sutiyoso sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) besok akan berjalan tanpa hambatan. Hal tersebut diutarakannya setelah Komisi I DPR memastikan tak ada satupun anggota yang menolak pilihan tunggal Jokowi ini.

“Semua welcome tidak ada masalah yang perlu dirisaukan. Selamat bertugas Pak Sutiyoso,” kata TB Hasanuddin di Gedung DPR, Jakarta, Senin (29/6) seperti yang dilansir merdeka.com

Dilansir dari merdeka.com, Politikus PDIP ini mengatakan, kemungkinan besar Komisi I DPR hanya akan menanyakan hal-hal yang mendasar tentang BIN kepada Sutiyoso. Oleh sebab itu, Sutiyoso harus menjawabnya melalui visi dan misi yang dia jual ke Komisi I DPR.

“Pertanyaan-pertanyan mendasar mungkin berkisar antara fungsi dan peran, tugas BIN seperti apa,” ucapnya.

Meski pernah mempermasalahkan nama Sutiyoso karena disebut-sebut sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap penyerbuan Kantor DPP PDIP pada tanggal 27 Juli 1996 atau peristiwa Kudatuli ia berharap semua pihak hanya menganggapnya sebagai angin lalu. Sebab, ia menilai hal tersebut hanyalah masalah politik yang biasa.
“Silakan diselesaikan tapi ranah politik seperti itu,” imbuhnya.(mer/ind)