Gubernur Bali, Made Pastika ©dipabali.com

Kemarin (17/02), Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota terpilih atas Pemilihan Kepala Daerah serentak 9 Desember lalu dilantik secara langsung oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika.

Dalam sambutan sebelum acara pelantikan, Pastika memberikan tuntunan kepada para pasangan bupati dan walikota untuk menyelaraskan program pembangunan Bali Mandara yang menjadi identitas Provinsi Bali dengan program Nawa Citra yang digagas Presiden Jokowi.

Seperti dilansir dipabali.com, ia berpesan kepada para pemimpin daerah terpilih untuk saling berkoordinasi dalam menjalankan tata kelola pemerintahan di Bali.

Ia merujuk pada UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menyebutkan bahwa otonomi daerah adalah hirarki dengan pembinaaan dan pengawasan dari pemerintahan di atasnya.

UU ini dikatakannya merupakan hasil pembenahan dari UU sebelumnya. Di sini, peran gubernur akan semakin menonjol dalam mengoordinasi tata kelola pemerintahan.

“Ada penguatan fungsi gubernur. Saya mengingatkan bahwa tugas pemerintahan, pembangunan, kalian harus memahami tugas pokok dan saling berkoordinasi,” pungkasnya. (dpb/fal)