BALITODAY.NET – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019) siang. Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan dirinya sempat berbisik meminta satu hal ke menteri BUMN Rini Soemarno.

Permintaan tersebut yakni peniadaan tarif tol Pandaaan-Malang hingga lebaran 2019. Menurut Jokowi, jangka waktu penggratisan tarif tol hingga lebaran adalah tepat.

“Tadi saya bisik-bisik kepada pemiliknya jalan tol, Ibu Menteri BUMN (Rini Soemarno). Jangan sampai bayar dulu, sampai lebaran. Gratisin dulu sampai lebaran. Sampai lebaran saja jangan lama-lama,” ujar Jokowi di pintu gerbang Singosari dilansir dari Kompas.com (13/5/2019). [irp]

“Masak yang minta presiden nggak diberi,” sambungnya disambut tawa hadirin.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Tol Pandaan-Malang seksi I-III, Pandaan-Singosari diresmikan hari ini. Sementara untuk seksi IV (Singosari-Pakis) dan seksi V (Pakis-Kota Malang) masih dalam tahap konstruksi. Menurut rencana, seksi IV dan V akan rampung pada November 2019.

Adanya tol ini membuat waktu tempuh Surabaya-Malang akan lebih singkat yakni dari 4-5 jam menjadi 1-1,5 jam. Selain itu, mobilisasi transfer barang semakin mudah. Harapannya, perekonomian, pariwisata, dan industri lainnya di Jawa Timur makin berkembang pesat. [irp]

Hal ini kemudian ditegaskan kembali oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Khofifah menyatakan adanya tol ini juga semakin mempermudah transportasi Surabaya-Malang.

“Jalan tol ini juga berperan signifikan sebagai penghubung daerah Malang dan Surabaya yang senantiasa dipadati oleh kendaraan, terutama saat akhir pekan atau hari libur, karena banyaknya warga yang ingin mengunjungi kawasan wisata di Malang Raya,” jelas Khofifah dilansir dari Detik.com (13/5/2019). (AL)