Seribu lebih rambu-rambu jalur evakuasi telah terpasang di tiga kabupaten wilayah terdampak letusan Gunung Raung, Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Kabupaten Jember.

Rambu-rambu tersebut dipasang gunasebagai penunjuk jalan menuju wilayah aman dari letusan Gunung Raung. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim, Sudarmawan, mengatakan rambu-rambu dipasang di pertigaan dan perempatan jalan kecamatan maupun desa.
“Rambu yang dipasang, berupa gambar panah serta gambar orang berlari, dan dilengkapi tulisan ‘arah evakuasi’,” kata Sudarmawan, Minggu (5/7/2015).

Setiap daerah diberi rambu masing-masing lebih dari 400 unit. Dikirimnya rambu-rambu bersamaan dengan dikirimnya ribuan masker untuk disebar kepada ratusan ribu penduduk di sekitar Gunung Raung. Seperti yang dilansir Kompasiana.com

Rambu-rambu jalur evakuasi dipasang berdasarkan hasil update peta kontijensi jalur evakuasi Gunung Raung. Menurut update peta kontijensi, ada 33 jalur evakuasi untuk keluar menuju wilayah aman dari tiga daerah terdampak. 

Hasil update peta kontijensi, daerah rawan terkena dampak letusan ada di Banyuwangi yang meliputi 18 desa dan tersebar di 5 kecamatan. Kemudian Kabupaten Bondowoso di 4 desa di 2 kecamatan, dan di Kabupaten Jember di tiga desa yang berada di 1 kecamatan. (kom/ind)