Pembangunan Tol Denpasar-Buleleng ©metrobali.com

Dalam rangka menyeimbangkan pembangunan serta mendukung sarana pembangunan bandara baru yang akan dibangun di Bali Utara, Pemerintah Provinsi Bali merencanakan pembangunan jalan tol baru yang menghubungkan Kota Denpasar dan Kabupaten Buleleng.

Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta mengatakan bahwa awalnya tol direncanakan melintas di tengah laut. Namun pada akhirnya diputuskan melewati Bedugul dengan jalan memotong gunung (Bukit Bedugul).

Keputusan ini dibuat dengan mempertimbangkan asas visibilitas, bahwa pembangunan jalan tol dengan memotong Bukit Bedugul lebih menghemat biaya dikarenakan pembebasan tanah yang lebih mudah dan murah.

“Tanah murah dan mudah dilakukan pembebasan. Bentuk Tol nantinya seperti huruf Y. Tidak bisa dipungkiri infrastruktur menarik investasi.” ujarnya.

Seperti dilansir metrobali.com, dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi Bali akan membuat shortcut atau jalan pintas untuk mempercepat pembangunan. “Ada empat shortcut yang akan dibangun. Itu mempersingkat perjalanan sekitar 1,5 jam dari waktu tempuh 3 jam perjalanan Denpasar-Buleleng,” tandas I Ketut Sudikerta.

Ia menambahkan bahwa pembangunan shortcut diharapkan dapat terealisasi tahun ini, sehingga perjalanan Denpasar-Buleleng nantinya hanya membutuhkan hitungan menit. Ia juga berharap proyek ini akan selesai tahun ini. (mtb/fal)