Pesawat  Hercules C-130 adalah sebuah pesawat terbang bermesin empat turboprop sayap tinggi, pesawat ini sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan militer di banyak bagian dunia. Ada 40 model pesawat Hercules,  pesawat Hercules mampu mendarat dan lepas landas dari runway yang pendek atau tidak disiapkan.

Pesawat ini banyak digunakan sebagai pengangkut tentara, namun saat ini digunakan untuk berbagai peran karena mempunyai daya angkut 20 ribu kilogram. Pesawat bermesin 4X Allison T56-A15 Turboprops ini dapat digunakan untuk pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar di udara, pemadam kebakaran udara, dan ambulans udara.

TNI AU sendiri mengoperasikan Pesawat Hercules C 130 dari berbagai jenis. Pesawat tersebut diserahkan ke Skadron 31 yang berada di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur; dan Skadron 32 Pangkalan Udara Utama 32 Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Indonesia tercatat menerima 10 pesawat C-130 dari pemerintah Amerika Serikat sebagai penukar tawanan pilot CIA Allen Pope yang terlibat membantu pemberontakan Permesta di Sulawesi pada tahun 1958. Senat Amerika Serikat sempat melarang  penjualan senjata dan pembekuan hubungan militer dengan Indonesia sehingga menyebabkan 17 pesawat C-130 tidak layak terbang karena tidak adanya suku cadang. (wik/ind)

Courtesy by Youtube