Menjalankan Sholat adalah Kewajiban bagi semua umat muslim, sholat bisa dikerjakan dimana saja walapun tidak di masjid sholat juga bisa dilakukan dimanapun yang terpenting adalah tempatnya suci.

Kini sebuah mobil minibus Isuzu L300 dengan warna hitam serta hijau dan putih dimodifikasi khusus oleh Yayasan Masjid Nusantara, Bandung, untuk menjadi mobile masjid atau masjid portable. Mobil portable tersebut memuat karpet salat, genset, sound system, mimbar, mukena, sarung, sandal jepit, bahkan tanki air berkapasitas 5.000 liter untuk berwudhu.

Seperti yang dilansir Liputan6.com , Masjid portable dapat digunakan di tempat-tempat keramaian seperti konser musik, pertandingan sepak bola, maupun lokasi bencana yang sulit untuk mencari tempat ibadah. masjid portable bahkan dapat menggelar salat Jumat.

Yang pasti, jangan bayangkan jamaah salat di dalam mobilnya. Saat dibutuhkan, petugas masjid portable akan menggelar karpet untuk salat serta perangkat-perangkat lain yang diperlukan untuk melaksanakan salat.

Meski baru tersedia satu unit di Bandung, masjid portable tersebut terbukti sangat membantu masyarakat yang kesulitan mencari tempat salat. Sayangnya, karena masih beratapkan langit, masjid portable terpaksa berhenti beroperasi bila hujan tiba. (lip/ind)