Menjaga stamina tubuh adalah hal yang utama, teruta disaat menjalankan ibdah puasa seperti saat ini.  Asupan makanan dan minuman yang bergizi menjadi faktor utama menjaga tubuh tetap fit di Bulan Ramadhan.

Namun dijaman dengan tingkat mobilitas yang sangat tinggi, masyarakat lebih memilih minuman penambah stamina dalam bentuk kemasan, dibanding minuman alami. Praktis dan efisien itu yang menjadi alasan masyarakat lebih memilih minuman kemasan.

Dibalik kepraktisan minuman stamina kemasan, masyarakat juga harus mempertimbangkan bahaya yang terkandung didalamnya, tentu saja kandungan zat kimia.

Daripada harus mengambil resiko tinggi, untuk tubuh sehat. Mengapa kita tidak kembali saja ke cara yang alami  saja, ribet tetapi lebih aman. Berikut beberapa minuman alami penjaga stamina tubuh seperti yang dilansir dari viva.co.id .

Air Lemon

Banyak manfaat yang kita bisa ambil dari air lemon, seperti membantu diet, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga bisa mencegah penyakit kanker. Sangat sederhana untuk membuatnya, tinggal siapkan segelas air hangat, lalu tambahkan dua sendok makan air perasan lemon ke dalam air hangat. Minuman ini bisa menambah cairan tumbuh, dan menstabilkan elektrolit dalam darah.

Sari Cuka Apel

Minuman alami penjaga stamina satu ini juga banyak khasiatnya, dan sudah lama digunakan dalam merawat tubuh. Selain itu juga bisa ditambahakan sebagai penyedap masakan. Kandungan mineral, enzim, serta asam yang terkandung di dalamnya bisa menghancurkan lemak, sangat cock bagi yang sedang diet.

Air Kelapa

Nah ini minuman alami yang pasti banyak dikenal masyarakat. Segudang manfaat yang bisa diambil dari air kelapa, seperti menghilangkan dehidrasi, menghambat penuaan dini, anti iksidan dll. Walaupun telah banyak studi yang mengatakan bahwa air kelapa memiliki kandungan natrium baik seperti minum minuman olahraga komersial, tentu konsumsi harus dibatasi dan sewajarnya. Sehari bisa dibatasi 1-2 gelas.(viv)