Asap hitam keluar dari PLTU Celukan Bawang ©tribunnews.com

Warga Kecamatan Gerokgak, Buleleng, kiranya bertanya-tanya tentang asap hitam pekat yang keluar dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Celukan Bawang.

Hal ini membuat warga khawatir disebabkan asap yang biasanya keluar berwarna putih. Meskipun belum ada laporan tentang masalah kesehatan akibat asap hitam tersebut, warga pantas khawatir disebabkan tempat tinggal mereka yang hanya sepelemparan batu.

Seorang warga setempat, Ketut Mangku Wijana, seperti dilansir tribunnews.com, mengabadikan momen tersebut melalui kameranya. Ia yang biasa lalu lalang di daerah tersebut menyaksikan sendiri bagaimana asap hitam pekat keluar dari cerobong PLTU.

“Waktu itu, pas saya lagi duduk-duduk di depan rumah, tiba-tiba ada pemandangan asap hitam pekat membumbung dari cerobong asap PLTU. Langsung saja saya foto,” imbuh Wijana, Rabu (10/02).

Ia menambahkan, menyemburnya asap hitam tidak tentu, bisa menyembur dalam seminggu penuh, bisa hanya dalam waktu hitungan jam.

Sebetulnya, PLTU Celukan Bawang dikenal warga sebagai salah satu pembangkit yang dibangun oleh kontraktor Tiongkok dengan pengelolaan clean energy atau energi bersih di Bali.

Pembangkit ini menggunakan bahan bakar batubara untuk menjalankan mesin-mesinnya. Selain itu, pembangkit ini juga dilengkapi sistem pengamanan yang baik dengan wilayah kerja yang sangat tertutup. (trn/fal)