Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana pagi ini terbang ke Kepulauan Bangka Belitung. Presiden Jokowi akan meresmikan dan meninjau Pelabuhan Tanjung Batu. Jokowi dan rombongan tiba pukul 08.42 WIB, Sabtu (20/6/2015), di Bandara HAS Hanandjuddin, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jokowi datang bersama rombonganya di antaranya Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Menkes Nila Moeloek.
Jokowi dan rombongan disambut oleh Gubernur Kepulauan Babel Rustam Effendi, Pangdam Sriwijaya dan Kapolda Babel. Setelah beristirahat sejenak, Jokowi kemudian menuju Pelabuhan Tanjung Batu dengan mobil yang berjarak 35 Km.Setelah meresmikan Pelabuhan Tanjung Batu, Jokowi kemudian menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kalayang. Jokowi juga dijadwalkan akan membagikan kartu ASPDB, KIS, KIP dan KKS di Pantai Serdang, Belitung Timur.

Disatu sisi Jokowi sangat heran dengan Pelabuhan Tanjung Batu ia sangat heran pelabuhan yang dibangun selama 11 tahun dan baru  mulai dioperasionalisasikan setelah diresmikan Presiden, Sabtu (20/6/2015)
Presiden menginstruksikan kegiatan mulai dari bongkar muat kapal hingga pengisian air dan bahan bakar minyak, harus sudah dimulai sejak sekarang. “Nanti, enam bulan kemudian akan saya tengok lagi,  apakah sudah ada kegiatannya atau belum di pelabuhan ini. Harusnya sudah ada”. tutur Presiden.
jika sudah ada kegiatan di pelabuhan, areal pelabuhan akan diperluas lagi lahannya hingga mencapai 1.400 hektar. menurut Gubenur Bangka Belitung Dan Bupati Belitung akan memindahkan kegiatan bongkar muat kapal dan aktivitas pelabuhan lainnya ke Pelabuhan Tanjung Batu.

 

Source : Kompas.com   Editor : Indriana