Warga di sekitar Gunung raung diminta waspada, peringatan ini dikeluarkan setelah Gunung Raung mengeluarkan suara gemuruh dan dentuman keras yang terdengar hingga radius 20 kilometer.

Seperti dilansir dari laman republika.co.id, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Hendrik Widotono mengatakan pada Senin dinihari (29/6) sempat terjadi hujan abu vulkanik yang berasal dari Gunung Raung.

“Dentuman suara yang keras itu sampai terdengar hingga Kecamatan Pujer yang berjarak sekitar 20 kilometer. Gunung Raung juga mengeluarkan semburan api yang terlihat dengan jelas dari pusat pengamatan Gunung Api Senggon di Kabupaten Banyuwangi,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi atas meningkatnya aktifitas vulkanologis Gunung Raung, BPBD mengambil beberapa tindakan pencegahan dengan melakukan kerja sama dengan Polsek serta Koramil di wilayah Kecamatan Tlogosari, dan Sumber Wringin terus memantau secara intensif di lapangan. (rep)