Lion Air ©viva.co.id

Lion Air dikenal sebagai salah satu maskapai yang dalam penerbangannya sering terjadi penundaan atau delay. Edward Sirait selaku Direktur Umum Lion Air mengungkapakan terjadi sedikitnya 60 hingga 80 delay dari total 500 sampai 600 penerbangan setiap harinya.

Namun ia membantah jika penundaan terjadi karena minimnya pilot dan awak pesawat.Ia mengatakan bahwa jika masalah berada pada minimnya awak dan pilot, pesawat tidak akan mendapat izin beroperasi, apalagi menambah pesawat.

Seperti banyak diberitakan, masalah ini diduga terjadi karena melimpahnya jumlah pesawat yang tidak sebanding dengan jumlah awak dan pilot Lion Air.

Tapi hal ini dibantah oleh Edward yang mengatakan bahwa Lion memiliki rasio pesawat dan pilot yang proporsional. “Kalau enggak ada kru-nya, ya kami enggak dapat izin menambah pesawat. Tapi kalau tiba-tiba ada pilot sakit dalam jumlah banyak bersamaan, itu mungkin saja terjadi,” ujarnya seperti dilansir tribunnews.com.

Ia juga mengatakan bahwa masalah delay pasti terjadi karena beberapa alasan operasional. Sehingga sulit bagi maskapai untuk mempertahankan penerbangan 100% tanpa penundaaan.

Ia menambahkan akhir-akhir ini delay sering terjadi karena alasan cuaca yang buruk. Masalah cuaca seperti banjir dan hujan lebat disinyalir sebagai penyebab utama. (trn/fal)