Rancangan undang undang (RUU) Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) agaknya akan mulai diterapkan oleh Pemerintah terkait dorongan dari DPR melalui Komisi XI. Menurut Anggota Komisi XI DPR RI Eki Awal Mucharam PTKP mampu mendorong konsumsi rakyat ditengah perlambatan pertumbuhan ekonomi sat ini.

“Jadikan PTKP sebagai kabar gembira dan kado Lebaran kepada rakyat Indonesia,” tuturnya dalam Rapat Paripurna DPR RI, Jakarta, Selasa (07/07).

Menurut Eki, kenaikan besaran PTKP akan kembali menggairahkan perekonomian nasional yang sedang lesu. Selain itu, menurutnya, kebijakan tersebut dinilai dapat berkontribusi dalam pemerataan kekayaan yang selama ini berpihak kepada kalangan masyarakat kecil.

“Sudah seharusnya pajak yang dikurangi adalah pajak masyarakat berpenghasilan rendah, bukan pajak berpenghasilan tinggi,”tuturnya.

“Oleh karena itu, Pemerintah hendaknya mengeluarkan aturan tersebut,” tegasnya.

Kendati dseperti itu, Eki mengingatkan masih dibutuhkan terobosan lain, guna menjaga daya beli masyarakat luas, dan untuk mengurangi tingkat ketimpangan ekonomi yang saat ini terjadi di masyarakat.(oke/pras)