Nilai tukar rupiah pada akhir perdagangan sore ini tercatat melemah 0,20% ke level 13.356 rupiah/US$. Bloomberg Dollar Index mengemukakan pada pembukaan perdagangan hari ini, rupiah dibuka melemah 0.03% di level 13.334 rupiah/US$ pada pukul 08.04 WIB.

sempat terjadi fluktuasi pergerakan rupiah yang berkisar antara 13.334-13.343 rupiah/US$, ssampai dengan pukul 13.39 hingga rupiah terdepresiasi ke level 13.342 rupiah/US$.

Ekonom dari Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta dalam risetnya mengatakan “Walaupun referendum rakyat Yunani pada akhir pekan lalu menghasilkan penolakan pada proposal utang, negosiasi dengan Troika akan segera dimulai kembali. Karena Yunani masih membutuhkan likuiditas untuk perbankannya, serta dana talangan untuk melunasi utang-utangnya di Juli ini,”

“Tanpa adanya persetujuan, indeks dolar masih akan diuntungkan, walaupun keputusan the Fed menunda kenaikan suku bunga bulan Juni lalu dan masih buruknya data ekonomi AS akan mencegah kenaikan dolar yang tajam. Inflasi China diumumkan pada Kamis ini,” sambungnya.(kom/pras)