Mulai 2016 MotoGP Belanda akan menggelar balapannya pada hari Minggu seperti gelaran MotoGP di seri-seri yang lain. Hal ini merubah Tradisi MotoGP Belanda yang menggelar balapan di hari Sabtu sejak 1949, balapan di Sirkuit Assen untuk kali pertama akan berlangsung Minggu awal mulai musim depan.

Tradisi yang bertahan 66 tahun itu diubah setelah pihak sirkuit melakukan riset yang panjang, untuk meningkatkan jumlah penonton dan demi masa depan kelangsungan balapan ini di belanda.

Sebelumnya, masalah keagamaan dianggap sebagai salah satu faktor balapan digelar hari sabtu terakhir di bulan juli, pendeta setempat berpendapat demikian agar acara yang berlangsung tidak mengganggu kegiataan keagamaan di gerejanya.

“Dalam pola rekreasi negara Belanda saat ini, acara olahraga pada hari Minggu lebih menarik dibandingkan pada hari Sabtu. Hari Minggu juga akan mendapatkan lebih banyak sorotan media,” demikian pernyataan resmi manajemen Sirkuit Assen.

MotoGP Belanda 2015 akan berlangsung besok, Sabtu (27/6). Dan pada hari ini, Jumat (26/6), para pebalap akan menjalani latihan bebas dan babak kualifikasi.

Editor : Prasetyo