Air Asia mendarat darurat di Ngurah Rai ©tribunnews.com

Telah terjadi pendaratan darurat atau divert oleh sebuah pesawat Air Asia yang terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia jurusan Gold Coast, Queensland, Australia, di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Rabu (17/02).

Pendaratan darurat yang terjadi pada pukul 01.15 WITA ini dilakukan karena ada salah seorang penumpang yang sakit dan membutuhkan perawatan dari rumah sakit.

Belum diketahui penyakit apa yang diderita penumpang tersebut, namun sesaat setelah mendarat ia langsung dilarikan ke Rumah Sakit Bali International Medical Center (BIMC).

Seperti dilansir metrobali.com, karena kejadian ini pesawat harus berhenti di bandara hingga sekitar 90 menit.

Pada pukul 02.40 WITA, pesawat diberangkatkan kembali. Di tengah perjalanan, sekitar pukul 05.06 WITA, pesawat kembali melakukan pendaratan darurat karena ada lagi penumpang yang sakit.

Pesawat kembali ke Bandara Ngurah Rai dan penumpang tersebut kembali dilarikan ke BIMC. Namun ketika akan melanjutkan perjalanan, pilot sudah over time atau melewati batas jumlah jam penerbangan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo, membenarkan divert telah terjadi dua kali karena penumpang sakit.

Namun, meskipun sempat tertahan lama di bandara, penumpang-penumpang lain tetap dilayani dengan maksimal oleh kru pesawat dan pihak bandara dengan penyediaan makanan dan minuman yang layak. (mtb/fal)