Bali Island Cup 2016 © inilah.com

Kepolisian Daerah (Polda) Bali menyatakan siap mengamankan laga-laga di turnamen Bali Island Cup 2016 yang digelar mulai besok (18/02) sampai Selasa (23/02).

Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Hery Wiyanto, yang menyatakan bahwa turnamen ini akan diikuti empat tim dengan basis suporter yang sangat kuat.

Seperti diketahui, BIC 2016 akan diikuti Bali United selaku tuan rumah, Arema Conous, PSS Sleman, dan Persib Bandung.

Khusus Arema dan Persib, kedua ini merupakan tim dengan basis supporter terbesar dan terfanatik di Indonesia. Mereka terkenal sangat loyal terhadap tim pujaan, dan dipastikan akan mendatangi pertandingan yang dilakoni tim di mana pun itu.

Oleh karena itu, perlu ada pengamanan ekstra ketat dari pihak berwenang, dalam hal ini Polda Bali, yang berkoordinasi dengan Polres Gianyar dan satuan-satuan daerah lain.

Lebih lanjut, seperti dilansir tribunnews.com, Hery menyatakan akan menerapkan beberapa langkah dalam mengamankan pertandingan.

Yang pertama tentunya adalah pengecekan barang bawaan suporter. Barang-barang yang dianggap membahayakan dan berpotensi menimbulkan kerusuhan akan disitadi pintu masuk stadion.

Pihaknya juga akan melakukan pemisahan antara suporter dengan pemain. Bahkan pengamanan akan dimulai sejak pintu masuk Bali, yaitu di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang mencoba membuat kerusuhan di Pulau Bali.

Ia menambahkan pihaknya juga akan melakukan pengawalan rombongan suporter dari Gilimanuk ke Gianyar. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan bentrok antar suporter. (trn/fal)