BALITODAY.NET – Umumnya, bahan dasar untuk membuat rumah di antaranya adalah batu-batuan, kayu, hingga bambu. Namun pernahkah ZensTODAY mendengar ada rumah yang terbuat dari salah satu zat memabukkan di dunia, yaitu ganja?

Dilansir dari Kompas.com, Senin (10/12/2018), sebuah perusahaan properti di Belanda bernama Dun Agro, berhasil membuat rumah prefabrikasi dari ganja. Ganja yang digunakan adalah hemp, salah satu jenis yang sengaja ditumbuhkan untuk keperluan industri.[irp]

Serat hemp tersebut dicampur dengan air dan lem yang nantinya disebut hempcrete. Material ini yang kemudian akan digunakan untuk membangun rumah setelah dikeringkan lebih dulu selama tiga bulan. Hemp juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kertas, pakaian, dan lain sebagainya.

Terkini, Dun Agro masih menyisakan satu rumah lagi yang masih dalam tahap konstruksi. Kedua rumah itu dibangun dengan dinding eksterior dan interior. Adapun atapnya terbuat dari campuran, hempcrete. Kedua rumah ini terletak sekitar 250 meter dari Cannabis Valhalla, Amsterdam, ibukota Belanda.[irp]

Bisa dikatakan, hemp adalah jenis ganja yang tidak memabukkan karena sama sekali tidak memuat zat psikoaktif atau adiktif. Jenis ganja ini dibudidayakan di wilayah utara Belanda dan menjadi salah satu komoditi perkebunan selain kentang dan ubi.

Hemp juga telah dibudidayakan di atas lahan seluas 1.100 hektar. Dengan luas sebesar itu, Dun Agro diprediksi dapat membangun 500 rumah prefabrikasi dengan bahan dasar serupa.


Penulis: Hafidh
Editor: Hafidh