Lebih dari 1,2 Juta orang amerika hidup dengan mengidap virus HIV/AIDS, termasuk diantara nya 156.300 orang tidak menyadari mereka mengidap penyakit tersebut. Hal ini mengacu dari data terbaru pusat kontrol penyakit dan pencegahan Amerika.

Ini berarti 1 dari 8 orang, atau 13 persen dari warga Amerika yang terinveksi virus HIV/AIDS tidak melindungi diri mereka dengan perawatan semestinya, dan pencegahan penularan virus kepada orang lain.

Ada beberapa daerah yang sudah mawas diri dan melakukan tindakan pencegahan dalam penularan virus ini. Seperti Connecticut, Delaware, Hawaii dan New York, sementara masih ada beberapa daerah lain yang kurang memperhatikan tindakan pencegahan penularan penyakit ini, meliputi Louisiana dan sebagian wilayah negara bagian Kolumbia.

Mengacu dari data tersebut, dapat ditarik kesimpulan mengapa populasi pengidap HIV/AIDS dari tahun ke tahun meningkat di Amerika. Tingkat kesadaran dan tindakan pencegahan penularan menjadi point yang harus diperhatikan pemerintah Amerika untuk menekan tingginya angka pengidap HIV positif.

 
LA Times | Prasetyo