Sejak 20 tahun yang lalu indonesia dan Tiongkok mengalami Hubungan yang sangat baik. dalam lima tahun terakhir Tiongkok telah menyambangi Indonesia dua kali. Hal itu disampaikan Duta Besar Tiongkok Xie Feng saat berkunjung ke Ruang Kerja Ketua MPR, Gedung Nusantara III lantai 9, Kompleks MPR/DPR/DPD Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Kepada Dubes Tiongkok, Ketua MPR Zulkifli Hasan bercerita panjang  tentang hubungan dengan Tiongkok yang sudah dijalin sejak tahun 1983 hingga sekarang.

“Zulkifli mengatakan selesai SMA, usia 22 tahun, sudah ke Tiongkok. Bahkan setahun tiga kali pergi ke Tiongkok,”

Saat itu, Zulkifli membeli semua produksi keramik sebuah pabrik. “Membelinya dengan borongan. Sampai 10 kontainer dikirim ke Indonesia,” tuturnya. Sampai di Indonesia, keramik itu disortir dan dijual kembali.

“Sejak 1983, saya sudah banyak untung dari kerja sama dengan Tiongkok,” ungkap Zulkifli.  tidak hanya dari Dari segi jual beli ,dari segi  Pariwisata Saat ini sebagian masyarakat usia muda Tiongkok menggandrungi wisata ke Indonesia, khususnya ke Bali. Menurut hasil polling “Beijing People’s Broadcasting 2011?, Bali merupakan salah satu dari 10 tujuan wisata dunia yang difavoritkan masyarakat Tiongkok, selain Australia, Cape Town, Edinburg, Hawaii, Madrid, Mesir, Air Terjun Niagara, Paris dan Swiss.

editor : Indriana M